10 Tempat Wisata di Jawa Tengah Terhits Dikunjungi





Banyak sekali tempat dan objek wisata hits di Jawa Tengah yang selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama saat liburan dan akhir pekan. Nah, buat kamu yang sedang merencanakan trip atau wisata ke Jawa Tengah dalam waktu dekat, berikut beberapa tempat wisata hits di Jawa Tengah yang dapat Anda kunjungi.

1. Candi Borobudur

Ikon wisata paling terkenal di Jawa Tengah adalah Candi Borobudur yang terletak di Magelang, 40 km barat laut Yogyakarta. Candi Borobudur merupakan salah satu candi Budha terbesar di dunia. Arsitektur Candi Borobudur yang megah, luasnya wilayah serta sejarahnya, telah menjadikannya salah satu warisan budaya dunia yang secara resmi ditetapkan oleh UNESCO. Bahkan Borobudur juga dinobatkan sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia karena merupakan candi Budha terbesar di dunia yang sarat akan nilai sejarah.


Di dalam kompleks Candi Borobudur terdapat sekitar 1.460 relief dan 504 stupa yang masih dilestarikan keasliannya. Salah satu atraksi yang sangat diminati di Borobudur adalah menikmati pemandangan matahari terbit. Panorama matahari terbit di puncak candi memang sangat indah.

2. Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi ini juga dikenal dengan nama Candi Roro Jongrang. Sejak tahun 1991, oleh UNESCO candi ini ditetapkan sebagai cagar budaya dunia yang wajib dilindungi. Candi Prambanan memiliki ketinggian 47 meter atau lebih tinggi 5 meter dari Candi Borobudur.


Candi Prambanan terletak di Klaten, di perbatasan wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Struktur Candi Prambanan menggambarkan kepercayaan Hindu yang disebut Trimurti. Kompleks candi memiliki tiga buah candi di halaman utamanya, yaitu Candi Siwa, Candi Brahma dan Candi Wisnu.


Sedangkan relief yang terpahat di dinding Candi Prambanan menceritakan kisah Ramayana. Ada pula relief pohon Kalpataru, dimana umat Hindu menganggap pohon tersebut sebagai lambang keberlanjutan, kehidupan dan keharmonisan. Keberadaan pohon ini menggambarkan masyarakat Jawa pada saat itu memiliki kesadaran dalam menjaga kelestarian lingkungannya.

3. Kota Tua

Salah satu objek wisata favorit di Kabupaten Semarang adalah Kota Tua. Ini adalah area yang digunakan oleh pemerintah kolonial sebagai pusat komersial di masa lalu. Di sini, Anda bisa menemukan bangunan peninggalan Belanda, seperti Gereja Blenduk, Stasiun Kereta Api Tawang, Jembatan Mberok, Pabrik Rokok Praoe Lajar dan masih banyak lagi yang lainnya.


Di kota tua ini Anda akan menemukan sesuatu yang luar biasa, keindahan sebuah bangunan tua yang megah dan mewah yang kesemuanya masih berdiri kokoh dengan kebanggaannya masing-masing. Kota Lama Semarang juga dijuluki The Little Netherlands, karena konsep dan tata kelola tempatnya sangat mirip dengan salah satu sudut kota di Belanda.

4. Masjid Agung Jawa Tengah

Berkeliling Kota Semarang tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi salah satu bangunan kota yang paling ikonik, Masjid Agung Jawa Tengah. Masjid yang dibangun tahun 2001 dan selesai tahun 2006 ini mengadaptasi arsitektur Islam, Romawi, dan Jawa. Di sini, Anda bisa menaiki menara masjid dan melihat keindahan Kota Semarang dari ketinggian. Yang paling menarik di sini adalah enam payung raksasa seperti yang ada di Masjid Nabawi di Tanah Suci Madinah. Masjid Agung Jawa Tengah tentunya menjadi pilihan yang menarik bagi Anda yang suka mengunjungi tempat-tempat bernuansa religi.

5. Kampung Batik Laweyan

Berwisata ke Solo tidak akan pernah cukup tanpa mengunjungi Kampung Batik Laweyan - sebuah kawasan unik, artistik, dan bersejarah yang menjadi titik tolak kota Solo (Surakarta). Di Laweyan, pengunjung dapat menikmati pengalaman berbelanja yang indah, kunjungan industri, kunjungan pendidikan, perjalanan warisan budaya, safari sejarah dan kuliner.


Desa Laweyan sudah ada sejak Kerajaan Pajang berkuasa di Jawa Tengah yaitu sekitar abad ke-16. Selain berbelanja batik asli Solo, wisatawan juga bisa menikmati keindahan arsitektur bangunan Eropa yang kokoh dan megah, terlihat di rumah-rumah bekas milik para pedagang batik yang kaya raya.


Menurut situs www.imuslim.co.id, warga desa ini mulai membatik sejak jaman dulu. Hingga saat ini warga Kampung Laweyan masih membatik. Bagi pecinta batik, setidaknya terdapat 50 toko batik di kawasan ini yang menjual berbagai macam produk batik dengan harga terjangkau.

6. Gua Petruk

Salah satu tempat wisata yang terkenal di Kota Kebumen adalah Gua Petruk. Gua yang ditemukan di bukit kapur setinggi 75 meter ini berada di Desa Candirenggo, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Menurut informasi yang diberikan pengelola gua, Gua Petruk memiliki panjang kurang lebih 2.000 meter, namun hanya bisa dijelajahi hingga batas maksimal 350 meter.


Di dalam goa ini pengunjung bisa melihat ornamen asli pahatan alam berupa stalaktit dan stalagmit yang tersebar di sepanjang tubuh goa. Di dalam goa juga terdapat mata air (kolam pemandian) dan air terjun. Gua Petruk juga dianggap gua terindah di Indonesia.

7. Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng merupakan tempat wisata yang terletak di dua kabupaten, Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara. Kawasan wisata populer yang telah menarik banyak wisatawan yang berlibur ke wilayah Jawa Tengah. Dieng memiliki kekayaan alam yang beragam dan kekayaan pertanian yang melimpah.


Wisatawan dapat menemukan berbagai atraksi di setiap langkah. Udara yang sejuk, pertanian yang luas, pegunungan yang indah, danau yang alami, sunrise yang indah hingga budaya dan kulinernya yang menarik benar-benar telah menarik jutaan wisatawan.


Tiga tempat wisata atau landmark paling menawan yang bisa dilihat wisatawan di Dataran Tinggi Dieng adalah Bukit Sikunir, Telaga Warna dan Sumur Jalatunda.

8. Taman Nasional Karimunjawa

Taman Nasional Karimunjawa, juga Taman Nasional Karimun Jawa, adalah sebuah taman laut nasional yang berada di Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Indonesia. Itu terletak 80 km barat laut Jepara, Jawa Tengah di Laut Jawa. Taman nasional tersebut secara resmi ditetapkan sebagai Kawasan Perlindungan Laut pada tahun 2001.


Tidak hanya garis pantainya yang indah, Karimunjawa juga memiliki kekayaan laut yang luar biasa mulai dari ikan, terumbu karang, pantai, dll. Wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas yang seru dan menyenangkan, seperti menyelam, berenang, memancing, snorkeling atau sekedar bermain pasir di pantai. Tak hanya itu, semua orang juga bisa merasakan keramahan penduduk setempat.

9. Keraton Surakarta Hadiningrat

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Keraton Surakarta Hadiningrat) dibangun pada tahun 1744 oleh Susuhan Pakubuwono II (Sunan PB II). Ini memiliki luas sekitar 54 hektar dan juga banyak koleksi patung, senjata dan pusaka kerajaan.


Salah satu bangunan paling menarik di Keraton Kasunanan adalah Menara Sanggabuwana. Menara setinggi 30 meter ini memiliki fungsi utama untuk memata-matai Belanda pada masa penjajahan.

10. Museum Batik Pekalongan

Museum Batik Pekalongan adalah museum batik yang terletak di Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia. Beragam koleksi motif dan desain batik Pekalongan dan sekitarnya, serta informasi perkembangan batik mulai dari zaman Belanda hingga pengaruh Jepang pada masa Perang Dunia II dengan motif Jawa Hokokai.


Terdapat lebih dari 1.200 helai baju batik yang harus dirawat dan beberapa dipamerkan dalam beberapa tema tertentu agar masyarakat lebih mengenal sejarah, perkembangan, dan pentingnya melestarikan budaya batik.


Museum Batik merupakan satu-satunya museum di Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO untuk Safeguarding Practices, karena programnya dalam praktek membatik.


Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata yang paling hits di Jawa Tengah yang bisa Anda kunjungi. Mulai dari wisata alam yang indah, wisata edukasi dengan hiburan yang menarik, hingga wisata candi bisa ditemukan di sini.