10 Wisata Pantai Terpopuler di Pulau Sumba





Banyak pantai di Sumba yang masih perawan atau belum ramai dikunjungi wisatawan. Selain itu, setiap pantai memiliki keunikan dan pemandangannya sendiri. Berikut beberapa pantai terpopuler di Pulau Sumba yang bisa Anda jelajahi.

1. Pantai Walakiri

Pantai Walakiri merupakan salah satu pantai ikonik di Sumba yang sangat populer di kalangan wisatawan. Terletak di Desa Watumbaka, Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur. Pantai ini memiliki kontur yang landai sehingga Anda bisa berjalan kaki ke tengah pantai tanpa takut tenggelam.


Ada pohon bakau kecil yang menjadi spot ikonik saat berfoto. Walakiri dikenal sebagai salah satu pantai populer di Sumba untuk melihat sunset karena pemandangan yang disajikan di sini sungguh eye catching.

2. Pantai Tarimbang

Tarimbang adalah pantai yang wajib dikunjungi saat Anda berada di Sumba. Pantai indah yang terletak di Kecamatan Tabundung selatan Sumba Timur ini memiliki ombak yang besar sehingga sangat populer di kalangan para peselancar. Jika Anda tidak bisa berselancar, tidak apa-apa!


Anda bisa bersantai di pinggir pantai sambil menikmati pemandangan yang indah. Hamparan pasir putih yang lembut berpadu indah dengan air laut kebiruan yang jernih. Ada sebatang pohon yang menjadi ikon pantai. Banyak turis berfoto di pohon ini.

3. Pantai Bwanna

Pantai Bwanna atau disebut juga Pantai Banna juga merupakan tempat yang sayang untuk dilewatkan saat kamu ke Sumba! Terletak di Kecamatan Kodi Balagar, Kabupaten Sumba Barat Daya. Pantai yang memiliki tebing tinggi dengan lubang di tengahnya ini menjadi spot foto paling hits saat berlibur ke pantai ini.


Pantai Bwanna terkenal dengan lingkungannya yang bersih dan asri namun wisatawan harus berjuang keras untuk turun ke pantai ini karena akses jalan raya yang masih terbatas. Pantai Bwanna merupakan salah satu obyek wisata pantai yang masih belum tersentuh pembangunan. Pantai berpasir putih yang dikelilingi tebing-tebing kokoh tinggi menjadi salah satu penambah keindahan pantai ini.

4. Pantai Pero

Pantai Pero yang terletak di Pero Batang, Kabupaten Sumba Barat Daya menawarkan keindahan pantai yang mempesona. Pantai yang merupakan teluk ini memiliki bentang alam yang unik. Bagian hilir sungai tidak langsung menuju ke laut tetapi dipisahkan dari daratan oleh pantai pasir putih yang terlihat seperti jembatan alami.


Di tengah pantai terdapat banyak bebatuan berukuran besar yang sangat instagramable dan menjadi spot foto favorit wisatawan yang berkunjung ke pantai.

5. Pantai Londa Lima

Pantai Londa Lima juga harus masuk dalam daftar tempat wisata yang harus Anda kunjungi saat berlibur ke Sumba. Pantai indah ini terletak di Desa Kuta, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur. Pantai ini memiliki pasir putih yang indah berpadu indah dengan air lautnya yang tenang.


Pepohonan rindang di pinggir pantai juga menambah keindahan pantai ini. Karena jaraknya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Waingapu, Londa Lima menjadi spot favorit wisatawan mancanegara maupun lokal.

6. Pantai Puru Kambera

Pantai Puru Kambera terletak di Desa Mondu, Kecamatan Haharu, Kabupaten Sumba Timur. Jaraknya sekitar 25 kilometer dari pusat kota Waingapu, ibu kota Kabupaten Sumba Timur.


Sesampainya di pantai kamu akan disambut dengan hamparan pasir putih dengan air laut yang biru dan angin laut yang sejuk. Keindahan Puru Kambera masih sangat alami dan bersih. Di sepanjang bibir pantai terdapat hamparan pepohonan pinus yang hijau dan rindang. Ombaknya juga relatif tenang jadi selain berenang kamu juga bisa melakukan snorkeling disini.

7. Pantai Mandorak

Pantai Mandorak merupakan salah satu pantai tersembunyi dan perawan di Desa Pero Batang, Kecamatan Kodi, Kabupaten Sumba Barat. Pantai pasir putih yang dihiasi karang dan deburan ombak yang keras menjadi daya tarik alam yang unik di tempat wisata ini. Pantainya juga memiliki hamparan pasir putih bersih berkilau seperti mutiara.


Pantai Mandorak terletak jauh dari kota dan kurang ramai sehingga anda akan merasa sangat tenang dan nyaman menikmati keindahan pantai. Anda bisa berjemur, berenang, berselancar, atau menyelam di sini.

8. Pantai Marosi

Marosi merupakan spot pantai yang mudah dijangkau karena akses menuju pantai cukup baik. Pantai yang terletak di Kecamatan Lamboya, Sumba Barat ini memiliki ombak yang cukup besar sehingga cocok untuk yang suka berselancar. Tempat ini dikenal sebagai salah satu tempat tercantik di Sumba Barat dan ini juga tempat yang tepat untuk dikunjungi bagi siapa saja yang suka berselancar.


Pantai ini diselimuti pasir putih yang berubah menjadi perairan biru kehijauan dan pantainya juga dikelilingi oleh tanaman hijau yang semakin terasa seperti pulau surga. Peselancar dapat menikmati ombak bergulung di sini yang biasanya cukup konsisten dibandingkan dengan bagian lain di Sumba.

9. Pantai Katundu

Pantai Katundu merupakan salah satu pantai tersembunyi dan perawan di Sumba. Memang masih sepi dari kunjungan wisatawan namun bukan berarti pantainya tidak menarik. Katundu yang terletak di Desa Pramadita, Dusun Katundu, Kecamatan Karera, Kabupaten Sumba Timur ini memiliki tebing bebatuan yang tinggi kokoh yang muncul di pesisir pantai.


Terdapat juga bebatuan dengan berbagai ukuran yang tersebar di sepanjang pantai menambah eksotisme tempat ini. Ombaknya cukup besar untuk yang suka berselancar. Namun saat air surut wisatawan juga bisa snorkeling dan diving disini.

10. Pantai Ratenggaro

Salah satu pantai indah di Nusa Tenggara Timur adalah Pantai Ratenggaro. Merupakan perpaduan wisata alam dan budaya karena di dekat pantai terdapat kampung adat bernama Kampung Ratenggaro dengan kuburan batu yang unik dan bersejarah tepat di pinggir pantai.


Pantai Ratenggaro masih alami dan sangat bersih. Garis pantainya ditandai dengan pasir putih hingga air kristal. Ombaknya juga besar yang cocok untuk Anda yang suka berselancar.


Pesona pantai tidak hanya dari pantainya saja, tetapi pengunjung yang datang ke Ratenggaro dapat melihat reruntuhan makam dari zaman megalitik atau sekitar 4.500 tahun yang lalu.


Nah itulah beberapa wisata pantai populer menurut Ayo Bali yang bisa kamu kunjungi saat liburan ke Pulau Sumba. Selamat Liburan!!!