8 Tempat Wisata di Maumere Terhits Dikunjungi





Maumere, seperti kawasan wisata populer lainnya di Indonesia juga diberkati dengan alam yang mempesona serta sejarah dan budayanya yang mempesona. Berikut beberapa destinasi wisata atau tempat terhits untuk dikunjungi di Maumere, mulai dari pemandangan bawah lautnya yang indah hingga keseruan berbelanja di pasar tradisional di Maumere.

1. Teluk Maumere

Semua pasti setuju jika pemandangan bawah laut di Indonesia Timur ini memang sangat bagus dan salah satunya adalah Teluk Maumere. Di teluk ini terdapat 19 pulau yang bisa dieksplorasi untuk melihat terumbu karang dan kehidupan biota laut. Teluk Maumere masih jarang dijelajahi, sehingga terumbu karang dan biota laut di sini masih sangat terjaga.


Di sini wisatawan akan menemukan terumbu karang warna-warni dan ikan hias saat menyelam di Teluk Maumere. Pastikan untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen indah bawah laut yang akan memukau semua orang.

2. Gereja Tua Sikka

Gereja Tua Sikka yang dibangun pada tahun 1983 dirancang oleh arsitek yang juga merancang Katedral Jakarta. Meski sudah tua, hingga kini gereja tersebut masih berdiri kokoh dengan kubah setinggi 10 meter yang ditopang konstruksi atap kokoh yang terbuat dari kayu jati.


Uniknya, arsitektur bangunannya merupakan perpaduan gaya Eropa dan Sikka. Unsur sikka terlihat jelas saat kita memasuki ruang gereja. Seluruh dindingnya dihiasi lukisan tenun tenun khas Sikka dengan motif Gabar yang merupakan motif pakaian Raja, serta motif pakaian yang digunakan masyarakat yaitu motif Wenda.

3. Bukit Nilo

Destinasi wisata ini terkenal dengan Patung Sosok Lady of Grace yang juga menjadi landmark kota Maumere. Patung di Bukit Nilo ini dibangun pada tahun 2004 dan berada di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut. Patung setinggi 28 meter ini menjadi tempat ziarah dan rekreasi bagi para pelancong. Selain dikelilingi pepohonan dan taman bunga yang asri, dari atas Bukit Nilo wisatawan juga bisa melihat pemandangan kota Maumere.

4. Pasar Geliting

Saat berkeliling kota Maumere, luangkan waktu untuk membeli oleh-oleh di Pasar Geliting. Ini merupakan pasar tertua di Kabupaten Sikka. Banyak penjual berkumpul untuk menjual berbagai produk lokal, seperti kain tenun dan Moke (minuman tradisional lokal yang dikemas dalam botol plastik). Di Pasar Geliting wisatawan juga bisa membeli ikan segar hasil tangkapan nelayan setempat.

5. Gunung Rokatenda

Gunung Rokatenda yang meletus pada tahun 2013 terletak di Pulau Palue yang memiliki luas 41 km. Untuk menuju ke sini wisatawan bisa naik perahu dari pelabuhan di Maumere atau Ropa.


Saat tiba istirahat sejenak di Kampung Awa sebelum memulai pendakian selama kurang lebih empat jam hingga mencapai puncak Rokatenda. Setelah perjalanan yang melelahkan wisatawan akan disambut oleh hamparan tanah tandus dari kawah gunung yang akan membuat anda serasa berada di planet lain. Sementara itu, di sisi lain pegunungan wisatawan juga akan melihat pemandangan Laut Flores yang indah.

6. Pantai Kajuwulu

Pantai Kajuwulu terletak sekitar 24 km dari Kota Maumere. Memiliki hamparan pasir putih yang akan membuat semua orang senang sepanjang hari bermain di pulau ini. Air lautnya juga bening dengan nuansa kebiruan.


Anda bisa berenang atau snorkeling di pantai ini. Jangan lupa untuk naik ke bukit yang ada di kawasan pantai ini. Dari atas bukit Anda bisa melihat pemandangan indah teluk Maumere yang menawan. Sebenarnya spot terbaik untuk melihat sunrise dan sunset juga ada dari puncak Bukit Kajuwulu.

7. Pulau Pangabatang

Masih di sekitar Teluk Maumere, Pulau Pangabatang menawarkan sensasi berlibur di pulau yang masih alami dan perawan. Ditambah lagi, masih sedikit orang yang tinggal di sekitar kawasan pantai. Anda akan serasa berlibur di pulau pribadi.


Pulau Pangabatang letaknya cukup jauh dari Maumere, sekitar 1 jam dengan kapal boat dari Pelabuhan Laurens Say. Namun, di sepanjang perjalanan kamu akan dimanjakan dengan pemandangan indah perairan Teluk Maluku yang akan membuat perjalanan jadi menyenangkan. Perairan Pulau Pangabatang juga termasuk salah satu spot diving terbaik di Maumere.

8. Pantai Koka

Terletak di Desa Wolowiro, Kecamatan Paga, Kabupaten Sikka atau sekitar 42 km dari Kota Maumere, Pantai Koka menawarkan pemandangan yang sangat indah. Air laut yang bening dan berwarna biru kehijauan, pasir putih yang mempesona, ditambah perbukitan yang indah akan membuat Anda berdecak kagum.


Pantai tersembunyi ini masih jarang dikunjungi wisatawan sehingga fasilitas yang ada masih kurang memadai. Namun pantai yang indah ini menyenangkan untuk dijelajahi karena Anda bisa berenang, snorkeling, diving dan berfoto.


Masih banyak lagi tempat wisata hits di Maumere dan sekitarnya. Tapi, semoga uraian singkat ini cukup untuk memberi Anda gambaran tentang tempat wisata terhits di Maumere. Selamat Liburan!!!