10 Air Terjun Terbesar & Terpopuler di Dunia





Beberapa fitur geografis menunjukkan keindahan dan kekuatan alam sedramatis air terjun yang megah. Pemandangan berton-ton air yang tumpah di tepi tebing atau mengalir di atas bebatuan tidak pernah gagal untuk mengesankan. Sementara air terjun termegah layak mendapat tempat yang menonjol di daftar ember mana pun, air terjun tidak harus menjadi yang tertinggi, terluas, atau paling banyak untuk menjadikannya tujuan wisata yang berharga.

Dari katarak kuat yang terjun di atas tebing curam hingga air terjun bertingkat yang berjatuhan perlahan ke dalam serangkaian kolam, inilah beberapa air terjun paling menakjubkan di dunia.

1. Katarak Gocta, Peru

Salah satu air terjun tertinggi di Peru , Gocta Cataracts yang menjulang tinggi di dekat kota Chachapoyas tetap tidak diketahui semua orang kecuali penduduk setempat yang tinggal di bawahnya sampai tahun 2005 ketika seorang insinyur Jerman bernama Stefan Ziemendorff menemukannya saat berburu reruntuhan pra-Inca.


Saat ini, katarak dua tingkat telah menjadi objek wisata yang populer, berkat pembangunan di daerah tersebut oleh pemerintah Peru. Jalan setapak sekarang membuat air terjun mudah diakses dengan berjalan kaki atau menunggang kuda, dan setiap kamar di hotel kecil yang dibangun di dekat pangkalan ini menawarkan pemandangan katarak yang indah.

2. Air Terjun Sutherland, Selendia Baru

Terletak di dekat fjord Milford Sound yang indah, salah satu tujuan wisata paling populer di Selandia Baru , Air Terjun Sutherland yang dialiri danau turun dalam tiga aliran ke danau glasial Taman Nasional Fiordland.

Sementara tur tamasya melalui udara menawarkan sekilas air terjun terpencil, pengunjung yang meluangkan waktu untuk mendaki Milford Track yang terkenal akan dihadiahi pemandangan terbaik. 90 menit berjalan kaki dari Quintin Public Shelter pada rute 53 kilometer (33 mil) membawa pejalan kaki ke dasar air terjun yang spektakuler.

3. Air Terjun Tugela, Afrika Selatan

Pegunungan Drakensberg di Taman Nasional Royal Natal di Afrika Selatan adalah rumah bagi serangkaian lima air terjun yang terhubung yang secara kolektif membentuk Air Terjun Tugela, salah satu air terjun tertinggi di dunia. Air turun dalam lompatan jatuh di atas Amphitheatre yang menakjubkan, dinding batu yang megah yang merupakan daya tarik wisata yang populer dengan sendirinya.


Perjalanan enam jam melintasi Ngarai Tugela melintasi sungai, membawa pejalan kaki ke puncak. Jalur yang tidak terlalu menantang membawa pengunjung ke kaki Air Terjun Tugela untuk menikmati pemandangan penuh air terjun lima tingkat.

4. Air Terjun Nohkalikai, India

Terletak di dekat kota Cherrapunji, salah satu tempat terbasah di planet ini, Air Terjun Nohkalikai dikategorikan sebagai air terjun terjun, yang berarti bahwa air kehilangan kontak dengan batu saat mengalir di atas tebing di tepi Himalaya.


Yang tertinggi dari jenisnya di India, Nohkalikai diberi makan oleh air hujan yang dikumpulkan di dataran tinggi berhutan di atas, sehingga volumenya berubah secara dramatis sesuai dengan waktu dalam setahun. Di musim kemarau, air mengalir tenang ke kolam berwarna hijau toska. Selama musim hujan, air menabrak hiruk-pikuk semprotan putih.

5. Dettifoss, Islandia

Diberi peringkat sebagai air terjun paling kuat di Eropa, Dettifoss terkenal karena volume air yang menyembur ke tepiannya di setiap musim. Terletak di Taman Nasional Vatnajökull di Islandia Timur Laut, Dettifoss dapat dilihat di kedua sisi Sungai Jökulsá á Fjöllum yang mengaliri air terjun dan terjun ke ngarai di bawahnya.


Tepi timur sungai menawarkan pemandangan terbaik dan dilengkapi dengan fasilitas, termasuk tempat parkir, tetapi jalan licin bisa ramai selama musim turis.

6. Air Terjun Yosemite, Amerika Serikat

Air terjun tertinggi di Amerika Serikat, Air Terjun Yosemite mengalir ke sisi tebing dalam tiga air terjun dan memberikan pemandangan indah dari berbagai lokasi di Taman Nasional Yosemite di California.


Pendakian sepanjang hari yang menantang membawa pengunjung ke puncak untuk melihat pemandangan panorama taman yang megah dan Pegunungan Sierra yang menjulang tinggi di luarnya. Air terjun bervariasi dalam aliran air, bagaimanapun, dan kadang-kadang hilang sama sekali selama kondisi kekeringan. Waktu terbaik untuk menikmati gemericik air dan gemuruh gemuruh air terjun adalah pada musim semi setelah musim dingin mencair.

7. Air Terjun Plitvice, Kroasia

Rangkaian air terjun yang menghubungkan 16 danau di Taman Nasional Danau Plitvice adalah yang membuat pemandangan indah ini menjadi daya tarik alam paling populer di Kroasia.


Terletak di antara perbukitan berhutan di dekat perbatasan Bosnia, sungai kecil, danau, dan air terjun membentuk taman air yang menarik yang mengundang eksplorasi. Serangkaian papan jalan, jembatan, dan platform memudahkan Anda menjelajahi taman dengan berjalan kaki. Naik perahu gratis membawa penumpang dari atas ke danau yang lebih rendah di mana pengunjung dapat melihat Veliki Slap, air terjun tertinggi di negara itu.

8. Air Terjun Joging, India

Jog Falls, dibuat oleh Sungai Sharavathi, jatuh dari ketinggian 253 meter (829 kaki), adalah air terjun tertinggi di India. Sebelum musim hujan, Air Terjun Jog hampir tidak dapat dikenali dengan hanya sepasang aliran air tipis yang mengalir menuruni tebing. Tetapi selama musim hujan, air terjun menjadi hidup dan bahkan melebihi Air Terjun Kaieteur di Guyana dalam hal ketinggian dan volume.

9. Huangguoshu, China

Berukuran 77,8 meter (255 kaki) tinggi dan 101 meter (330 kaki) lebar, Huangguoshu adalah salah satu air terjun terbesar di Asia dan bagian dari kelompok 18 air terjun di daerah sekitarnya. Gua yang terbentuk secara alami sepanjang 134 meter (440 kaki) di belakang Huangguoshu memungkinkan pengunjung untuk melihat air terjun dari jarak yang sangat dekat dan bahkan seseorang dapat menyentuh airnya.

10. Gullfoss, Islandia

Karena letaknya tersembunyi di celah kolosal yang membelah lanskap Islandia yang tandus, ukuran dan skala Gullfoss yang tipis hanya akan terlihat semakin dekat Anda mendekat. Namun, begitu Anda mencapai tepi tebing, Anda akan menemukan bahwa air terjun yang mengalir dan air terjun yang sangat besar sebenarnya memiliki volume tertinggi di seluruh Eropa.


Berbaring hampir di sudut kanan satu sama lain, dua set air terjunnya membuat pemandangan epik, dan derunya yang memancar memberikan soundtrack yang sempurna untuk pemandangan dramatis yang dipamerkan. Arti 'Golden Falls', Gullfoss dinamakan demikian karena warna airnya yang berkilau menggoda di bawah sinar matahari.