11 Daftar Gunung Terbesar di Dunia dan Ketinggiannya





Olahraga mendaki gunung lahir pada tahun 1760, ketika seorang ilmuwan muda Genevese, Horace-Benedict de Saussure, menawarkan hadiah uang kepada orang pertama yang mencapai puncak Gunung Blanc, puncak tertinggi di Eropa. Tapi jauh sebelum waktu itu manusia telah mendaki gunung untuk tantangan yang ditimbulkannya. Atau "karena itu ada" seperti yang dijawab oleh pendaki gunung Inggris George Mallory ketika ditanya mengapa dia ingin mendaki Gunung Everest. Beberapa bulan kemudian dia menghilang dalam perjalanan menuju puncak.


Beberapa gunung dalam daftar ini masih memberikan tantangan besar bagi para pendaki gunung profesional. Lainnya dapat dikunjungi dengan lebih mudah dengan berjalan kaki atau kereta gantung. Namun semuanya dapat diapresiasi dari jarak aman yang memberikan pemandangan indah dan pemandangan spektakuler.

1. Gunung Kinabalu, Indonesia

Dengan ketinggian puncak 4.095 meter (13.435 kaki), Gunung Kinabalu adalah gunung tertinggi di Kalimantan. Gunung ini dikenal di seluruh dunia karena keanekaragaman hayati spesies botani dan biologisnya yang luar biasa. Lebih dari 600 spesies pakis, 326 spesies burung, dan 100 spesies mamalia telah diidentifikasi di Gunung Kinabalu dan sekitarnya. Puncak utama gunung dapat didaki dengan mudah oleh seseorang dengan kondisi fisik yang baik, dan tidak memerlukan peralatan pendakian gunung meskipun pendaki harus didampingi oleh pemandu setiap saat.

2. Amfiteater, Drakensberg, Afrika Selatan

Drakensberg adalah pegunungan tertinggi di Afrika Selatan, tingginya mencapai 3.482 meter (11.420 kaki). Nama ini berasal dari bahasa Belanda dan berarti "gunung naga". Amphitheatre adalah salah satu fitur geografis Drakensberg Utara, dan secara luas dianggap sebagai salah satu tebing paling mengesankan di bumi. Amphitheatre memiliki panjang lebih dari 5 kilometer (3 mil) dan memiliki tebing terjal yang menjulang sekitar 1200 meter (4000 kaki) di sepanjang panjangnya.

3. Gunung Huang, China

Gunung Huang adalah pegunungan di Cina timur yang juga dikenal sebagai Huangshan (“Gunung Kuning”). Daerah ini terkenal dengan pemandangannya, matahari terbenam, puncak granit berbentuk unik, dan pemandangan awan dari atas. Gunung Huang sering menjadi subjek lukisan dan sastra tradisional Tiongkok, serta fotografi modern. Puncak tertinggi di pegunungan Huangshan adalah Puncak Teratai dengan ketinggian 1.864 meter (6.115 kaki). Pada zaman kuno hampir 60.000 tangga batu diukir di sisi gunung. Saat ini juga ada kereta gantung yang bisa digunakan wisatawan untuk naik langsung dari pangkalan ke salah satu puncak.

4. Koki Gunung Aoraki, Selendia Baru

Aoraki Mount Cook adalah gunung tertinggi di Selandia Baru , mencapai ketinggian 3.754 meter (12.316 kaki). Aoraki berarti “Penusuk Awan” dalam dialek Ngai Tahu dari bahasa Maori. Gunung ini terletak di taman nasional dengan nama yang sama yang berisi 27 gunung lain yang puncaknya lebih dari 3000 meter. Sebuah tujuan wisata yang populer, juga merupakan tujuan favorit bagi para pendaki gunung. Ini adalah pendakian yang menantang, dengan badai yang sering terjadi dan salju yang sangat curam serta pendakian es untuk mencapai puncaknya. Gunung ini pertama kali berhasil didaki pada tahun 1894 oleh tiga orang Selandia Baru yang mencapai puncak melalui punggungan utara.

5. Monte Fitz Roy, Argentina

Monte Fitz Roy adalah gunung setinggi 3.375 meter (11.073 kaki) di perbatasan antara Argentina dan Chili. Meskipun tingginya rata-rata, gunung ini memiliki reputasi sebagai gunung yang sangat sulit untuk didaki karena permukaan granit yang tipis menghadirkan bentangan panjang pendakian teknis yang sulit. Selain itu, cuaca di daerah tersebut sangat parah dan berbahaya. Gunung ini juga menarik banyak turis dan fotografer berkat bentuknya yang seperti dunia lain. Ini pertama kali didaki pada tahun 1952 oleh alpinist Prancis Lionel Terray dan Guido Magnone.

6. Gunung Kailash, China

Terletak di Tibet, Gunung Kailash dianggap sebagai tempat suci dalam lima agama: Hindu, Buddha, Jainisme, Ayyavazhi dan kepercayaan Bön. Dalam agama Hindu, itu dianggap sebagai tempat tinggal Dewa Siwa. Setiap tahun, ribuan orang melakukan ziarah ke Kailash, mengikuti tradisi ribuan tahun yang lalu. Dipercaya bahwa bergerak di sekitar Gunung Kailash dengan berjalan kaki akan membawa keberuntungan. Karena kepercayaan ini, gunung ini dianggap terlarang bagi pendaki dan tidak ada catatan upaya untuk mendaki Gunung Kailash setinggi 6.638 meter (21.778 kaki). Ini adalah puncak paling signifikan di dunia yang belum pernah ada upaya pendakian yang diketahui.

7. Pegunungan Banff, Kanada

Taman Nasional Banff adalah taman nasional tertua di Kanada, didirikan pada tahun 1885 di Pegunungan Rocky dan salah satu taman yang paling banyak dikunjungi di Amerika Utara. Pegunungan Banff menunjukkan beberapa bentuk berbeda yang dipengaruhi oleh komposisi endapan batuan, lapisan, dan strukturnya. Gunung Assiniboine setinggi 3.618 meter (11.870 kaki) telah dibentuk oleh erosi glasial yang telah meninggalkan puncak yang tajam. Secara tidak resmi dinamai "Matterhorn" Amerika Utara. Pegunungan Lembah Sepuluh Puncak di dekat Danau Moraine yang jernih juga dikenal karena memberikan pemandangan yang indah.

8. K2, china

Dengan ketinggian puncak 8.611 meter (28.251 kaki), K2 adalah gunung tertinggi kedua di Bumi, setelah Gunung Everest. Gunung ini merupakan bagian dari jajaran Karakoram, yang terletak di perbatasan antara Cina dan Pakistan. K2 juga dikenal sebagai Gunung Savage karena sulitnya pendakian dan salah satu tingkat kematian tertinggi bagi mereka yang mendakinya. K2 terkenal karena relief lokalnya serta ketinggian totalnya. Itu berdiri lebih dari 3.000 meter (9.843 kaki) di atas sebagian besar dasar lembah glasial di dasarnya. Lebih luar biasa adalah kenyataan bahwa itu adalah piramida yang curam secara konsisten, turun dengan cepat di hampir semua arah. Ekspedisi Italia berhasil mendaki ke puncak K2 pada 31 Juli 1954.

9. Gunung Meja, Afrika Selatan

Table Mountain adalah gunung dengan puncak datar yang menghadap ke kota Cape Town di Afrika Selatan. Fitur utamanya adalah dataran tinggi sekitar 3 kilometer (2 mil) dari sisi ke sisi, dikelilingi oleh tebing curam. Titik tertinggi di Table Mountain adalah 1.086 meter (3.563 kaki) di atas permukaan laut. Terdapat jalur kabel yang membawa penumpang ke puncak gunung dengan pemandangan menghadap Cape Town, Table Bay dan Pulau Robben di utara, serta pesisir Atlantik di barat dan selatan. António de Saldanha adalah orang Eropa pertama yang mendarat di Table Bay. Dia mendaki gunung yang perkasa pada tahun 1503 dan menamakannya 'Gunung Meja'.

10. Matterhorn, Swiss

Matterhorn adalah gunung yang terkenal dan lambang ikonik Pegunungan Alpen Swiss. Gunung ini mendapatkan namanya dari kata Jerman Matte, yang berarti padang rumput, dan Horn, yang berarti puncak. Dengan puncak setinggi 4.478 meter (14.692 kaki), terletak di perbatasan antara Swiss dan Italia, ini adalah salah satu puncak tertinggi di Pegunungan Alpen. Ini juga merupakan salah satu puncak paling mematikan di Pegunungan Alpen. Sejak pertama kali didaki pada tahun 1865 hingga 1995, 500 pendaki gunung tewas di atasnya. Wajah Matterhorn curam, dan hanya sebagian kecil salju dan es yang menempel di sana sementara longsoran salju biasa membuat salju turun menumpuk di gletser di dasar setiap permukaan.

11. Gunung Everest

Pada 8.848 meter (29.029 kaki), Gunung Everest adalah gunung tertinggi di Bumi. Terletak di perbatasan antara Nepal dan Tibet. Gunung tertinggi di dunia menarik pendaki dari semua tingkatan, dari pendaki gunung yang berpengalaman hingga pendaki pemula yang bersedia membayar dalam jumlah besar hingga pemandu gunung profesional untuk menyelesaikan pendakian yang sukses. Meskipun delapan ribu lainnya seperti K2 jauh lebih sulit untuk didaki, Gunung Everest masih memiliki banyak bahaya yang melekat seperti penyakit ketinggian, cuaca dan angin. Orang yang meninggal saat pendakian biasanya tertinggal dan tidak jarang ditemukan mayat di dekat jalur pendakian standar. Pada tanggal 29 Mei 1953, Sherpa Tenzing Norgay Sherpa dan warga Selandia Baru Edmund Percival Hillary adalah orang pertama yang mendaki ke puncak Everest.