10 Hal Menarik yang Dapat Dilakukan di Flores





Flores tidak pernah mengecewakan tentang keindahannya. Ada banyak tempat menakjubkan yang menunjukkan permata asli dari pulau yang luar biasa ini. Berikut beberapa hal menarik yang dapat Anda lakukan di Flores:

1. Merasakan Hangatnya Matahari Terbit di Danau Kelimutu

Isi kembali energi Anda dengan hangatnya matahari terbit di atas puncak Kelimutu dengan pemandangan danau tiga warna. Dingin banget di atasnya, itulah mengapa beberapa penduduk setempat menjual kopi panas, teh dan jahe yang bisa Anda nikmati sambil menunggu terbitnya matahari dan menyaksikan indahnya warna pagi yang ditawarkan hari itu.

2. Cobalah Pisang Termanis di Flores

Saat anda turun dari Danau Kelimutu, tak jauh dari Desa Moni, terdapat pasar buah dan sayur di pinggir jalan. Anda harus mencoba Pisang Flores yang disebut "Pisang Marmi" atau "Pisang Marmi". Dari luar warnanya pastel dan bagian dalamnya agak jingga. Rasanya benar-benar manis dan lembut dan juga sangat enak!

3. Rasakan Sensasi Panen Madu di Alam Liar

Flores Timur memang sudah terkenal dengan madunya di seluruh Indonesia. Areal hutan yang luas mendorong lebah untuk menghasilkan banyak madu dan masyarakat setempat mengambil sarang lebah dengan cakap. Biasanya seorang pria akan memanjat pohon tempat sarang lebah digantung, tetapi pria itu akan membawa buluh asap terlebih dahulu untuk menyingkirkan lebah.


Berhati-hatilah saat menunggu di bawah pohon, karena saat sarang lebah tumbang, lebah akan terbang kemana-mana sehingga Anda harus bersembunyi sejauh mungkin atau membawa buluh asap sendiri jika tidak, Anda akan digigit. Setelah sarang lebah diambil, Anda bisa mencicipi madu murni alami tanpa proses teknologi.

4. Pengalaman Menenun Kain di Rumah Adat

Ibu rumah tangga setempat biasanya menenun di rumahnya sambil melakukan tugas rumah tangga setiap hari. Mereka akan dengan senang hati mengajari Anda cara membuat satu potong kain dari awal. Nah, ini agak sedikit ribet karena satu kesalahan yang Anda lakukan akan berpengaruh pada hasil motifnya. Semakin kuat Anda mengencangkan benang, kualitas terbaik kain Anda akan menjadi.


Jangan lupa beli sarung atau tisu buatan sendiri lainnya karena murah dan memiliki kualitas terbaik yang ada di desa kecil seperti Moni dan desa adat lainnya.

5. Menginap Di Rumah Waerebo

Jelajahi rumah marga khas Manggarai yang dengan sempurna dapat menampung 50 orang di dalamnya. Desa Waerebo terletak di lembah perbukitan dan membutuhkan setidaknya tiga jam perjalanan untuk mencapainya. Penduduk lokal di desa ini sangat baik dan ramah menjalani kehidupan yang sederhana.


Di sana Anda dapat merasakan dan mengalami kehidupan sehari-hari penduduk setempat dan bahkan menrasakan tanpa lampu karena listrik dimatikan setelah pukul 19:00. Didalam rumah benar-benar hangat dan ini akan menjadi pengalaman yang baik dalam hidup Anda, Anda akan merasakan kehangatan penduduk setempat dan itu akan membuat hati Anda damai.

6. Menyaksikan Tari Caci di Manggarai

Di masa lalu, pahlawan dan ksatria melakukan tarian untuk merayakan dan membangkitkan pertempuran antar desa. Namun saat ini masyarakat Manggarai menampilkan Tari Caci pada perayaan-perayaan seperti: penyambutan tamu, pentahbisan, pesta pernikahan, syukuran musim panen.


Kebanyakan pria yang sudah menikah akan menari dan bernyanyi saat bertengkar. Satu orang memegang senjata dengan tangan kiri dan cambuk dengan tangan kanan. Akan ada luka di sekitar punggung mereka, tapi itulah kebanggaan dari tarian ini.


Apalagi Tari Caci merupakan perpaduan seni, karena penari menampilkan seni musik atau “nenggo” dan seni menari “lomes” dalam waktu yang bersamaan. Seseorang hampir tidak dapat berpartisipasi jika orang itu tidak memiliki kualitas atau bakat itu.

7. Mencoba Nanas Flores yang Enak

Dalam perjalanan dari Manggarai ke Labuan Bajo, Anda akan menjumpai masyarakat lokal yang berjualan buah-buahan lokal di pinggir jalan. Buah yang paling dicari selama perjalanan adalah Nanas Flores. Bentuknya lebih besar dari yang lain dari luar Flores. Rasanya lebih enak, manis dan asam. Warnanya kuning muda dan kenikmatannya akan membuat Anda menggugah selera hanya dengan membayangkannya.

8. Jelajahi Pasar Malam di Kampung Ujung, Labuan Bajo

Terletak di Labuan Bajo Pear, di sepanjang pinggir jalan Anda akan menemukan banyak stand seafood dengan seafood segar yang segar dan berwarna-warni yang dimasak di tempat. Biasanya mereka adalah musisi yang tampil pada Sabtu malam untuk menemani orang-orang (perhatikan bahwa masyarakat Flores memiliki suara yang indah dari nyanyian di gereja sejak kecil).


Akustik akan memanjakan telinga Anda sambil mencicipi ikan segar dan seafood terbaik di pulau ini. Jika Anda datang cukup awal, Anda mungkin bisa menikmati indahnya warna-warni matahari terbenam Labuan Bajo.

9. Jelajahi Pulau Padar

Pulau Padar menawarkan pemandangan menakjubkan di seluruh Taman Nasional Komodo. Ini harus dilakukan di Flores. Pendakian itu sulit dan sulit; cuaca menjadi sangat panas jadi pastikan Anda pergi ke sana lebih awal. Anda akan membutuhkan waktu 1 jam hingga 1 jam 30 menit untuk mencapai puncak, tetapi begitu Anda mencapai puncak, pemandangannya "keluar dari dunia ini".


Begitu sampai di puncak Anda bisa melihat banyak pantai berpasir putih dengan air kristal biru dan banyak pulau yang diperhitungkan Taman Nasional Komodo. Pulau Padar adalah hot spot bagi fotografer terutama karena panorama di atas viewpoint, spot ini juga bagus untuk matahari terbit dan terbenam.

10. Mengunjungi Biota Laut yang Menakjubkan

Ini terletak di Flores Barat, di Taman Nasional Komodo, di mana banyak tempat snorkeling tersedia. Tempat keren di mana Anda akan bertemu dengan spesies khusus adalah Manta Point, jika Anda cukup beruntung Anda mungkin bisa snorkeling atau menyelam dan berenang bersama mereka. Terumbu Karang masih indah untuk diamati dan banyak ikan kecil berwarna-warni akan berkumpul di sekitarnya. Ikan singa dan penyu besar akan muncul jika Anda beruntung melihatnya. Hati-hati dengan kaki Anda dan jangan menginjak karang karena dapat merusak kehidupannya.


Nah itulah 10 hal menarik menurut situs Tempat Wisata yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke Pulau Flores. Selamat Liburan!!!