10 Tempat Wisata di Jawa Barat Terhits Dikunjungi





Provinsi Jawa Barat memang terkenal dengan keindahan alamnya yang jarang dimiliki oleh daerah lain di Indonesia. Banyak tempat wisata di Jawa Barat yang menjadi incaran wisatawan karena pemandangannya yang eksotis. Jawa Barat juga memiliki udara yang sejuk karena dikelilingi pegunungan, menjadikan kawasan ini semakin asri dan menawan. Jawa Barat terkenal bukan hanya karena wisata alamnya tetapi juga akan budaya, kuliner, pantai dan tempat hiburan serta tempat makan dengan konsep yang unik.


Namun banyaknya tempat wisata di Jawa Barat justru membuat wisatawan bingung menentukan prioritas tempat wisata yang akan dikunjungi. Nah, pada artikel di bawah ini kami telah membuat daftar 10 tempat wisata hits di Jawa Barat yang Kami rekomendasikan.

1. Kawah Putih, Bandung

Kawah Putih adalah Objek Wisata Bandung yang sangat terkenal. Terletak di Ciwidey di Jawa Barat. Kawahnya berada di puncak Gunung Patuha Ciwidey sekitar 2 jam dari Bandung sehingga menawarkan udara yang sejuk dengan temperatur 8-22 derajat.


Sepanjang perjalanan menuju Kawah Putih wisatawan juga akan disuguhkan pemandangan pepohonan yang menambah kesejukan tempat ini. Bersiaplah terpesona dengan keindahan alam ini, kabut tebal dan warna air kawah yang terlihat putih kebiruan.


Air di danau ini bisa berubah warna tergantung suhu, cuaca, dan gas belerang di sekitar kawah. Banyak tumbuhan mati yang hanya menyisakan pepohonan dan ranting yang mengelilingi danau. Namun hal inilah yang membuat pemandangan kawah terlihat lebih artistik.

2. Green Canyon, Pangandaran

Green Canyon yang terletak di Desa Kertayasa, Pangandaran merupakan tempat wisata yang sangat indah. Memang menyuguhkan bebatuan tinggi yang menjulang tinggi menawan. Pengunjung bisa menikmati tebing-tebing tinggi dengan aliran Sungai Cijulang di bawahnya.


Para wisatawan juga bisa berkeliling Green Canyon menggunakan perahu kecil yang tersedia di sana. Aktivitas lain yang bisa dilakukan oleh para wisatawan disini adalah Body Rafting menyusuri sungai di bawah tebing melalui pepohonan hijau yang jaraknya sekitar 3 kilometer.

3. Stone Garden, Padalarang

Stone Garden terletak di Gunung Masigit, Cipatat. Sangat eksotis, populer dan cocok sebagai tempat berfoto prewedding. Sebelumnya, tak banyak orang yang mengetahui keindahan tersembunyi dari puncak bukit Stone Garden. Tempat ini bertabur bebatuan begitu menakjubkan apalagi di pagi atau sore hari saat matahari terbenam.


Usai menjelajahi bebatuan alam yang tersebar di sekitar danau purba, wisatawan bisa menikmati pemandangan fenomenal dari atas bukit. Dari atas hamparan pemandangan luas tersaji indah. Taman batu di dataran tinggi di atas bukit ini akan membuat Anda serasa sedang berwisata ke luar negeri.


Anda bisa melihat bebatuan tegak dengan formasi artistik dari atas padang rumput di atas bukit yang Anda daki. Banyak pengunjung mengabadikan momen ini dengan latar belakang pemandangan langit lepas dan lahan pertanian hijau serta perbukitan yang menjulang tinggi.

4. Curug Cikaso, Sukabumi

Air Terjun Cikaso, merupakan objek wisata air terjun yang terletak di selatan Kabupaten Sukabumi. Dikenal juga dengan nama Curug Luhur namun nama Curug Cikaso lebih dikenal masyarakat karena aliran airnya berasal dari anak sungai Cikaso yaitu Sungai Cicurug.


Cikaso terdiri dari tiga air terjun yang berdampingan dan sebuah kolam di bawahnya yang memiliki warna air biru kehijauan yang eksotis. Ketinggian air terjun yang mencapai 80 meter dan lebar tebing 100 meter menyuguhkan pemandangan indah nan menawan berupa kelimpahan air yang dikelilingi pepohonan hijau. Air yang mengucur tersebut kemudian menciptakan kabut air yang eksotis dan menyegarkan.


Wisatawan dapat merasakan kesegaran Curug Cikaso dan melihat embun tipis yang dihasilkan dari guyuran air terjun tersebut.

5. Pulau Biawak

Pulau Biawak atau Pulau Rakit adalah sebuah pulau yang terletak di Laut Jawa di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Jaraknya sekitar 40 kilometer dari pantai utara Indramayu. Pulau ini seluas 120 hektar yang dipenuhi hutan bakau lebat yang menyatu dengan berbagai jenis perkebunan.


Biawak berarti "kadal" dan ada ratusan dari mereka berkeliaran di seluruh pulau. Setiap matahari terbenam, ratusan kadal sepanjang 1,5 meter berenang ke tepian pantai untuk berburu makanan.


Pengunjung juga bisa menemukan mercusuar yang menjulang tinggi. Dibangun pada tahun 1872, mercusuar sepanjang 65 meter ini terdiri dari 16 lantai. Untuk mencapai puncak mercusuar, pengunjung harus melewati sekitar 300 anak tangga yang berputar. Keindahan bawah lautnya juga menakjubkan dan wisatawan bisa melakukan snorkeling di sini. Ratusan ikan hias dengan terumbu karang yang indah akan menyambut Anda yang melakukan penyelaman di Pulau Biawak.

6. Pantai Ujung Genteng, Sukabumi

Jawa Barat tidak hanya terkenal dengan wisata alamnya, namun juga memiliki beberapa pantai pasir putih yang indah mirip dengan yang ada di Bali. Salah satu spot pantai terindah di Jawa Barat adalah Pantai Ujung Genteng, Sukabumi. Ujung Genteng juga populer karena salah satu suaka penyu hijau terbesar di Asia Tenggara.


Pantai Ujung Genteng merupakan kawasan wisata pantai yang terletak di barat daya Semenanjung Pulau Jawa, berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Ciri khas pantai selatan Pulau Jawa adalah airnya yang jernih.


Kawasan wisata pantai Ujung Genteng memiliki enam pantai yang indah dan bagus yaitu; Pantai Minajaya, Pantai Pangumbahan, Pantai Amanda Ratu, Pantai Cipanarikan atau Pantai Pasir Putih, Pantai Ombak Tujuh dan Pantai Cibuaya.

7. Kawah Telaga Bodas, Garut

Talaga Bodas merupakan salah satu obyek wisata pegunungan yang ada di Kabupaten Garut. Ini adalah danau kecil atau "telaga" yang terbentuk di bekas kawah Gunung Talaga Bodas. Kawahnya sendiri masih memiliki aktivitas vulkanik, namun tidak berbahaya dan aman untuk dikunjungi. Tempat ini menyuguhkan pemandangan yang asri, sejuk dan perbukitan yang hijau.


Sesuai dengan namanya "Bodas" yang artinya Putih, danau ini memiliki air yang berwarna putih. Di tempat ini wisatawan dapat menikmati kawah putih, pemandian air panas, hiking bahkan camping. Telaga Bodas dikelilingi oleh pegunungan yang masih asri dan hijau serta langsung dibatasi oleh hutan belantara.

8. Gunung Padang, Cianjur

Gunung Padang adalah salah satu situs megalitik tertua dan terbesar di Asia Tenggara. Situs ini terletak di Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur. Situs Gunung Padang sendiri memiliki beberapa tingkatan dengan pemandangan berbeda. Bebatuan besar yang berserakan menjadi pemandangan yang mendominasi tempat ini.


Beberapa arkeolog bahkan percaya bahwa itu bisa menjadi piramida yang terletak di bukit ini, terkubur di bawah tanah dan berasal dari 9.000 - 20.000 tahun yang lalu. Kompleks situs tersebut memanjang menutupi permukaan bukit yang dibatasi oleh deretan batu andesit berukuran besar dan persegi. Situs ini dikelilingi oleh lembah yang sangat dalam.

9. Curug Batu Templek, Bandung

Curug Batu Templek merupakan objek wisata air terjun alami yang ada di Bandung. Jika dibandingkan dengan air terjun alami di sekitar Bandung, Curug Batu Templek sangat unik karena memiliki pemandangan alam yang dipenuhi tebing-tebing bebatuan.


Alasan mengapa air terjun ini diberi nama Air Terjun Batu Templek karena di tempat tersebut terdapat penambangan batu dan batu yang ditambang kebanyakan berbentuk persegi panjang datar atau "templek". Dan ada juga tebing batu yang memiliki aliran air terjun yang berasal dari sungai di atasnya.


Curug Batu Templek memang tidak seindah air terjun lain di Bandung. Namun air terjun ini memiliki pesona yang unik dan sangat berbeda dengan air terjun lainnya karena berada di atas tebing bebatuan.

10. Gunung Papandayan, Garut

Kabupaten Garut, Jawa Barat memiliki beberapa taman wisata alam salah satunya adalah Taman Wisata Alam Gunung Papandayan. Gunung Papandayan telah menarik wisatawan domestik dan mancanegara karena keindahannya. Gunung Papandayan memiliki kawah yang masih terus mengeluarkan gas belerang. Di tempat ini wisatawan bisa menikmati kawasan kawah yang sangat luas (kurang lebih 10 ha) dengan pemandangan yang sangat indah. Kawasan kawah yang putih dan gersang dibingkai oleh hutan hijau yang asri serta udara yang segar.


Ada juga tempat unik lainnya seperti kolam bekas letusan yang berada tepat di pinggir kawah, kawasan hutan mati yang merupakan kawasan hutan yang mati akibat letusan sebelumnya dan juga bumi perkemahan. Di kawasan ini juga terdapat beragam aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan mulai dari panorama matahari terbit, trekking, camping, sepeda gunung downhill, trail bike, hingga berendam di air panas.


Masih banyak lagi tempat wisata hits di Jawa Barat dan sekitarnya. Tapi, semoga uraian singkat ini cukup untuk memberi Anda gambaran tentang tempat wisata terhits di Jawa Barat. Selamat Liburan!!!