15 Makanan Khas Indonesia yang Wajib Anda Coba





Makanan Indonesia memang terkenal dengan kombinasi unik dari berbagai macam bumbu. Sebagian besar masakan Indonesia menggunakan bumbu yang tidak dapat ditemukan di negara lain.


Indonesia memiliki berbagai jenis makanan khas dari setiap daerah yang beberapa diantaranya sudah terkenal di dunia internasional. Kami telah menghimpun 10 Makanan Khas Indonesia yang Wajib Kamu Coba.

1. Nasi Goreng

Nasi Goreng adalah makanan yang terdiri dari nasi goreng, sayuran, ayam (udang, ikan asin, daging kambing atau apapun pilihan Anda), cabai, telur dan bawang. Nasi artinya “nasi” dan goreng artinya “goreng”. Ini bisa ditemukan hampir di mana saja di Indonesia.

2. Nasi Uduk

Nasi Uduk adalah hidangan nasi kukus ala Indonesia yang berasal dari Jakarta, ibu kota Indonesia. Nasi tersebut dimasak dengan santan sehingga menjadi gurih. Kemudian dicampur dengan hidangan tambahan lainnya seperti ayam goreng, telur dadar, tempe goreng, dan kerupuk renyah.

3. Gado-gado

Gado-gado merupakan campuran sayur dengan bumbu kacang. Bahan utamanya adalah sayur mayur seperti kol, bayam, tauge, kangkung, dan kacang hijau. Makanan ini sering kali pedas, jadi umumnya disajikan dengan lontong (nasi yang sangat padat) untuk menenangkan rasa pedas.

4. Bakso

Bakso atau baso adalah sop yang disajikan dengan mie, sayur dan bakso. Bakso ini biasanya terbuat dari daging ayam, sapi.

5. Soto

Soto adalah kuah yang disajikan dengan taoge dan cincang. Anda juga bisa makan telur rebus dengan makanan ini. Ada banyak sekali varian soto di Indonesia. Itu tergantung dari daerah mana asalnya. Ada Soto Kudus di Jawa Tengah, Soto Betawi di Jakarta, Coto Makassar di Sulawesi, dan masih banyak lagi.

6. Ayam Goreng Lalapan

Ayam Goreng Lalapan adalah ayam goreng dengan sambal yang disajikan dengan sayuran. Rasanya sangat renyah di luar, berair di bagian dalam dan disajikan dengan sepiring kecil sambal lalapan dan irisan kecil kubis berbentuk segitiga dan beberapa iris ketimun, ditambah batang kemangi berwarna hijau muda.

7. Rendang

Rendang adalah steak tradisional Indonesia yang dimasak dengan baik. Hidangan daging pedas ini berasal dari Sumatera Barat yang terkenal dengan rasanya yang pedas.

8. Sate

Sate adalah hidangan yang terdiri dari potongan-potongan kecil daging yang dipanggang di atas tusuk sate dan disajikan dengan kuah berbumbu yang biasanya berisi kacang. Bisa dibuat dari daging ayam dan sapi.

9. Mie Ayam

Mie adalah makanan yang populer di Indonesia. Mie Ayam adalah variasi hidangan mie lainnya yang disajikan dengan kuah kaldu ayam. Biasanya atasnya dicampur dengan ayam berbumbu manis, daun bawang, kai choy, dan pangsit.

10. Bubur Ayam

Populer untuk menu sarapan, Bubur Ayam terbuat dari bubur nasi yang disajikan dengan suwiran ayam, cakwe (kerupuk Cina), bawang merah goreng yang renyah dan daun bawang cincang.


Beragam menu makanan khas dari Indonesia ini memang sangat cocok untuk dinikmati ketika sedang bertandang kesana. Sebenarnya masih banyak sajian kuliner unik dan khas lainnya yang bisa Anda jumpai dengan mudah di tempat ini. Bahkan Anda juga bisa membawanya sebagai buah tangan untuk anggota keluarga di rumah. Tak perlu khawatir mengenai rasanya, karena semua hidangan tersebut memiliki citarasa yang sangat lezat.