7 Tempat Diving Terhits di Raja Ampat





Papua memiliki sejuta pesona yang tersebar di setiap sudut pulau. Salah satu tempat yang membuat wisatawan terpesona adalah Raja Ampat. Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian empat pulau yang terdiri dari Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati dan Pulau Batanta.


Raja Ampat juga menawarkan pemandangan bawah laut yang indah. Di bawah perairannya yang jernih banyak sekali ikan, terumbu karang dan biota laut lainnya yang hidup berdampingan.


Raja Ampat memiliki puluhan tempat menyelam sehingga butuh waktu yang cukup lama untuk mencoba semuanya. Jika Anda memiliki kunjungan singkat ke sana dan harus membuat beberapa pilihan, maka berikut adalah 7 tempat diving terhits di Raja Ampat.

1. Pulau Fam

Kepulauan Fam terdiri dari sejumlah pulau kecil dan 4 pulau 'utama' yang lebih besar - Fam, Penemu, Inus, dan Yar. Di sekitar Fam Island terdapat beberapa spot diving dengan warna-warni terumbu karang, sponge dan soft coral. Anda bisa menyelam di sekitar pulau untuk melihat berbagai penghuni laut seperti nurdibranch atau kelinci laut, bagian dari keluarga moluska.

2. The Passage

Pulau ini terletak di antara pulau Gam dan Waigeo. Jaraknya hanya sekitar 25 meter dan terlihat seperti sungai dari permukaan. Campuran bebatuan menandai pintu masuk ke lokasi penyelaman yang mempesona ini, hamparan karang yang hampir tumbuh di permukaan sini. Banyak biota laut dapat ditemukan disini diantaranya gurita, cacing pipih dan sotong, bahkan hiu Wobbegong terkadang dapat ditemukan.


Penyelam juga dapat melihat ikan yang lebih besar seperti jack, tuna, barakuda, dan hiu. Gua dan lengkungan juga membuat beberapa topografi di sini terlihat lebih menakjubkan.

3. Pulau Misool

Pulau Misool merupakan salah satu pulau terbesar di Indonesia dan memiliki begitu banyak terumbu karang yang menakjubkan di sekitar pulau. Terumbu karangnya menawarkan kaleidoskop warna-warni yang menakjubkan dan kontras yang bagus saat menyelam di tempat ini. Karang dan dinding yang landai dihiasi dengan karang lunak dari berbagai jenis. Spesies seperti ikan pipefish, udang harlequin, dan kuda laut kerdil dapat diamati di air ini!

4. Pulau Kri

Sensasi yang menyenangkan juga bisa Anda rasakan saat datang ke spot diving di Tanjung Kri, Raja Ampat. Di sini Anda bisa merasakan pengalaman yang tak terlupakan karena banyak sekali ikan dan terumbu karang ditambah sinar matahari dari permukaan laut yang tidak bisa menembus ke dalam air. Berbagai jenis ikan dan terumbu karang seperti kakap, tuna, fusilier, sweetlips, butterflyfish dan angle fish bisa Anda temukan jika menyelam di sini.


Tapi tidak hanya itu! Di sini, Anda bisa menemukan hiu karpet atau hiu wobegong yang biasanya hanya ditemukan di perairan Australia. Dengan kedalaman 10-40 meter dan jarak pandang 10-30 meter, Teluk Kri menawarkan pemandangan indah yang tak akan Anda lupakan.

5. Pulau Arborek (Manta's Point)

Arborek merupakan salah satu spot penyelaman terbaik dengan karakteristik banyaknya ikan sekolah atau ikan yang berenang bersama. Di Pulau Arborek banyak spot menyelam kecil yang cocok untuk penyelam pemula yang belum memiliki lisensi. Ditempat ini kita bisa bertemu manta alias ikan pari.

6. Selat Dampier

Selat Dampier letaknya di antara daratan utama Papua Barat dan Pulau Batanta dan pulau besar Waigeo di utara. Selat ini memiliki biota laut yang sangat kaya berkat banyaknya air yang melintas.


Salah satu tempat menyelam favorit kami di Selat Dampier adalah Mike's Point. Daerah ini memiliki tembok dan gua yang merupakan spot terbaik untuk menyelam. Tembok dan gua ini muncul akibat ledakan yang dilakukan oleh Angkatan Udara AS pada Perang Dunia II. Kapal perang AS mengira daerah itu adalah kapal tentara Jepang dan menjatuhkan bom di sana.


Di sini Anda juga bisa melihat biota laut seperti carangidi tropis bibir manis atau ikan besar seperti hiu. Anda juga bisa melihat keindahan taman terumbu karang tempat tinggal ikan-ikan kecil dan karpet hiu.

7. Blue Magic

Jika ingin melihat biota laut seperti blue ringed octopus, Spike Shark dan Tuna, disarankan untuk datang ke Blue Magic, spot diving di Raja Ampat. Tempat ini cukup terkenal di kalangan wisatawan mancanegara karena biota lautnya yang eksotis dan para penyelam selalu jatuh hati dengan tempat ini. Blue Magic memiliki medan yang cukup susah dan arus bawah laut yang cukup kencang, sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi para penyelam.


Rasanya menyusuri keindahan bawah laut di Raja Ampat Papua tidak akan ada habisnya, bahkan bisa membuat kamu ingin mengeksplore semua keindahan spot diving di Raja Ampat. Itulah, beberapa tempat diving hits di Raja Ampat. Selamat Liburan!