10 Teluk Terindah di Dunia yang Wajib Anda Kunjungi





Teluk secara longgar didefinisikan sebagai badan air yang sebagian tertutup oleh daratan. Umumnya mereka memiliki perairan yang lebih tenang daripada laut di sekitarnya dan merupakan tempat yang baik bagi kapal untuk berlindung dari cuaca. Ketika cukup besar dan dalam, teluk menjadi pelabuhan alami yang seringkali memiliki kepentingan ekonomi dan strategis yang besar. Banyak kota besar di dunia terletak di pelabuhan alami. 10 teratas ini menampilkan beberapa teluk terindah dan garis pantai yang terkenal di dunia.

1. Teluk Fundy, Kanada

Teluk Fundy, yang terletak di pantai Atlantik Kanada , terkenal dengan kisaran pasang surutnya yang tinggi. Karena bentuk teluk yang unik, perbedaan ketinggian air antara pasang dan surut bisa mencapai 16 meter (52 kaki). Salah satu tempat terbaik untuk melihat air pasang adalah Hopewell Rocks, sejumlah menara batu pasir yang diatapi pepohonan. Dasar formasi batuan terendam air dua kali sehari dan dapat dilihat dari permukaan tanah saat air surut.

2. Teluk Surga, Antartika

Paradise Bay adalah salah satu dari hanya dua tempat yang digunakan oleh kapal pesiar untuk berhenti di Antartika (yang lainnya adalah Pelabuhan Neko). Akibatnya itu adalah salah satu daerah Antartika yang paling banyak dikunjungi. Teluk ini dikelilingi oleh pegunungan yang sangat gletser dan tebing es. Kegiatannya meliputi berlayar di antara gunung es dengan perahu zodiak tiup, mengunjungi stasiun penelitian Chili dan memotret habitat penguin.

3. Teluk Kepulauan, Selendia Baru

Bay of Islands adalah salah satu tempat wisata paling populer di Selandia Baru . Daerah yang indah berisi 144 pulau, banyak teluk terpencil dan beberapa pantai berpasir yang indah. Teluk yang indah ini memiliki banyak kehidupan laut termasuk paus, penguin, lumba-lumba, dan marlin besar. Tidak mengherankan, ini adalah tempat berkumpul yang populer untuk kapal pesiar berlayar di kapal pesiar dunia dan nelayan olahraga internasional. Teluk ini juga penting secara historis karena merupakan bagian pertama dari Selandia Baru yang dihuni oleh orang Eropa.

4. Teluk Kotor, Montenegro

Teluk Kotor terletak di barat daya Montenegro di Laut Adriatik. Ini adalah salah satu teluk paling indah di Eropa dan sering disalahartikan sebagai fjord, tetapi sebenarnya adalah ngarai sungai yang terendam. Pantai Teluk Kotor yang indah dipagari dengan banyak pantai, beberapa resor wisata, dan kota Risan, Perast, dan Kotor yang indah.

5. Teluk Phang Nga, Thailand

Terletak lebih dari 95 km (60 mil) dari pulau Phuket, Teluk Phang Nga adalah salah satu daerah paling indah di Thailand. Ini terdiri dari gua-gua yang indah, gua air dan pulau-pulau batu kapur yang beberapa di antaranya mencapai ketinggian 300 meter (984 kaki). Pulau paling terkenal di teluk ini adalah batu kapur berbentuk jarum yang disebut Ko Ping Kan (lebih dikenal sebagai Pulau James Bond) yang ditampilkan dalam film James Bond "The Man with the Golden Gun". Cara populer untuk mengunjungi Teluk Phang Nga adalah dengan kayak laut karena ini adalah satu-satunya cara untuk masuk ke dalam gua dan gua laut.

6. Pelabuhan Victoria, Hongkong

Pelabuhan Victoria adalah objek wisata utama di Hong Kong dan salah satu pelabuhan peti kemas terdalam di dunia. Teluk ini menawarkan pemandangan gedung pencakar langit pulau Hong Kong yang menakjubkan di satu sisi, dan garis pantai Tsim Sha Tsui di sisi lain. Victoria Harbour juga merupakan salah satu pelabuhan tersibuk di dunia dengan ratusan feri, jung, dan kapal cepat yang naik turun di pantai. Salah satu cara terbaik untuk melihat pelabuhan adalah perjalanan di Star Ferry.

7. Port Jackson, Australia

Port Jackson adalah pelabuhan alami Sydney , salah satu kota paling layak huni dan indah di dunia. Dengan ratusan teluk, teluk kecil, pantai, dan jalur airnya, pelabuhan ini berkontribusi besar pada keindahan pemandangan Sydney. Pelabuhan ini juga memiliki dua landmark Sydney yang paling terkenal: Sydney Opera House dan Sydney Harbour Bridge.

8. Teluk San Francisco, Amerika Barat

Teluk San Francisco terletak di pantai California. Daerah di sekitar teluk, umumnya dikenal sebagai Bay Area, adalah daerah perkotaan terbesar kedua di Amerika Barat dengan sekitar 8 juta penduduk. San Francisco adalah pusat keuangan Bay Area sementara San Jose adalah kota terpadat. Teluk ini berisi banyak pulau termasuk pulau kecil Alcatraz yang berfungsi sebagai penjara sampai tahun 1963. Golden Gate, yang membuka teluk ke Samudra Pasifik, terbentang oleh Jembatan Golden Gate yang terkenal.

9. Teluk Guanabara, Brazil

Teluk Guanabara adalah teluk indah yang terletak di tenggara Brasil. Teluk ini dikelilingi oleh hutan tropis, pantai, bebatuan berbentuk aneh, pegunungan tinggi Serra do Marl dan lingkungan Rio de Janeiro. Teluk ini ditemukan pada 1 Januari 1502 oleh penjelajah Portugis Gaspar de Lemos, yang menamakannya Rio de Janeiro (Sungai Januari) karena mengira itu adalah sungai besar. Nama Guanabara berasal dari bahasa Tupi-Guarani.

10. Teluk Ha Long, Vietnam

Ha Long Bay terletak di Vietnam utara di sepanjang garis pantai sepanjang 120 kilometer dan secara harfiah diterjemahkan sebagai "Teluk Naga Turun". Teluk ini adalah salah satu tempat wisata paling populer di Vietnam dan memiliki ribuan pulau, masing-masing di atasnya dengan vegetasi hutan lebat, membentuk pemandangan laut yang spektakuler dari pilar batu kapur. Beberapa pulaunya berlubang, dengan gua-gua yang sangat besar, pulau-pulau lain termasuk danau dan beberapa mendukung desa nelayan terapung.