10 Tempat Wisata di Jawa Timur Terhits Dikunjungi





Jawa Timur adalah tujuan wisata yang sempurna. Kawasan tersebut menawarkan beragam wisata alam mulai dari pegunungan, pantai, goa hingga air terjun. Pada artikel ini, kami akan membagikan beberapa tempat wisata hits di Jawa Timur yang dapat Anda jadikan sebagai referensi liburan Anda!

1. Gunung Bromo

Pernahkah Anda mendengar tentang Gunung Bromo? Gunung Bromo adalah ikon Jawa Timur. Pertama Anda akan sampai di lautan pasir yang luas. Berjalan dari tempat parkir ke puncak gunung akan membuat Anda serasa berada di gurun pasir. Kedua, pemandangan pegunungan yang menakjubkan dilihat dari kejauhan. Anda harus mendaki untuk mencapai puncaknya akan membutuhkan satu jam berjalan di pasir sampai Anda dapat mencapai anak tangga, naik ke 500 anak tangga atau lebih sampai Anda mencapai puncak. Begitu Anda tiba, Anda dapat menyaksikan matahari terbit melalui kabut, itu adalah pengalaman yang benar-benar luar biasa.


Setiap tahun, ribuan wisatawan mancanegara terutama dari kawasan Eropa mengunjungi Bromo, terutama saat musim panas. Mereka ingin melihat sendiri kemegahan Gunung Bromo yang memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut.


Gunung Berapi Bromo ini terletak di daerah Probolinggo, Jika kurang kuat dalam berpergian, sewa kuda untuk mendaki kaki gunung kemudian naik tangga menuju puncak.

2. Kawah Ijen

Kawah Ijen berhasil menjadi ikon kedua di Jawa Timur. Terletak di kawasan Banyuwangi, kawah gunung ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan di atas danau belerang berwarna biru kehijauan. Kawah pegunungan terus mengeluarkan belerang. Ini adalah tujuan yang bagus bagi orang-orang yang ingin merasakan pendakian yang mudah sambil menyaksikan pemandangan pegunungan yang menakjubkan.


Daya tarik yang ditawarkan Ijen adalah keunikan aktivitas belerang. Puluhan orang menambang sejak dini hari untuk menurunkan bongkahan belerang. Selain itu Kawah Ijen juga memiliki blue fire yang merupakan salah satu fenomena alam terbaik di dunia.


Saat dini hari, area kawah di gunung ini menghampar berwarna biru seperti api. Untuk bisa melihatnya, Anda harus mulai mendaki pada pukul 01.00 atau 02.00 dini hari agar sinar matahari tidak mengaburkan fenomena menakjubkan ini!

3. Museum Angkut

Museum Angkut terletak di kawasan Kota Batu, Jawa Timur. Museum ini menawarkan beragam koleksi kendaraan transportasi dari zaman kuno hingga modern. Ada berbagai sepeda, sepeda motor, mobil, dan miniatur pesawat terbang yang dipamerkan yang menarik banyak orang dan kolektor dari seluruh dunia.


Selain menawarkan koleksi kendaraan yang beragam, museum yang memiliki luas hingga dua hektar ini juga memiliki seksi bertema. Beberapa bagian museum didesain sangat mirip dengan kawasan Hollywood hingga Eropa Kuno. Dalam beberapa kesempatan juga ada parade seperti karnaval yang digelar di Museum Angkut.


Dengan koleksi lebih dari 300 kendaraan, kawasan Museum Angkut menjadi tempat yang tepat untuk singgah foto.

4. Candi Penataran

Candi Penataran merupakan Candi Hindu yang sudah ada sejak Kerajaan Kediri dan digunakan hingga jaman Kerajaan Majapahit.


Kompleks Penataran adalah kompleks candi terbesar di Jawa Timur dan terletak di lereng barat daya Gunung Kelud. Berdiri di ketinggian 450 meter di atas permukaan laut, Candi Penataran terletak di Desa Panataran, Blitar.


Candi Penataran ditemukan pada tahun 1815 dan tidak banyak dikenal hingga tahun 1850. Kompleks candi ini ditemukan oleh Sir Thomas Stamford Raffles yang merupakan Letnan Gubernur Jenderal pada masa penjajahan Inggris di Indonesia pada waktu itu.


Nama asli Candi Penataran diyakini Candi Palah menurut Prasasti Palah dan dibangun pada tahun 1194 oleh Raja Çrnga (Syrenggra). Raja memerintah Kerajaan Kediri antara tahun 1190 - 1200. Pura ini dibangun sebagai tempat upacara pemujaan dalam rangka menetralkan atau menghindari bahaya akibat meletusnya Gunung Kelud. Jika Anda penggemar sejarah dan candi tua, Anda harus mengunjunginya!

5. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran terletak di dua kota yaitu Situbondo dan Banyuwangi. Dengan luas mencapai 25.000 hektar, kawasan ini terbagi menjadi beberapa wilayah berbeda. Pertama, ada kawasan pegunungan dengan Gunung Baluran sebagai puncak tertingginya. Kemudian, ada kawasan hutan musiman, hutan bakau di dekat pantai, dan sabana.


Daya tarik paling menarik di Taman Nasional Baluran adalah sabana yang sangat luas. Saat musim hujan daerah ini akan menjadi hijau dan dipenuhi banyak binatang buas. Wisatawan yang datang ke tempat ini bisa menyaksikan banteng, kerbau liar, anjing hutan, rusa dan macan tutul.

6. Gua Gong

Goa Gong merupakan goa indah yang menawarkan keindahan stalaktit dan stalagmit serta ukiran alam di dalamnya. Gua ini terletak di Desa Bomo sekitar 140 km sebelah selatan kota Solo.


Begitu berada di dalam goa, Anda bisa melihat berbagai stalaga dan stalagmit berukuran besar. Beberapa batu yang terbentuk selama jutaan tahun diberi nama Jawa seperti Selor Giri, Selo Pakuan Buwono dan Selo Bantara Angin agar terlihat lebih menarik dan memiliki sensasi magis.


Sesuai dengan namanya, beberapa bagian batuan di dalam gua akan berbunyi keras saat dipukul. Suara keras “Gong” akan bergema sehingga menyerupai pertunjukan “Gamelan”.

7. Air Terjun Coban Rondo

Air Terjun Coban Rondo merupakan salah satu destinasi populer di Kota Batu Malang Jawa Timur. Berada di lereng pegunungan, air terjun ini menawarkan tiga hal kepada pengunjung. Pertama tentu saja gundukan air dari atas bukit yang memberikan efek embun yang segar meski siang hari terasa begitu terik.


Yang kedua adalah pemandangan yang menarik. Karena terletak di kaki gunung, kawasan ini dipenuhi hutan lebat. Hewan liar seperti kera terkadang turun pada pagi atau sore hari untuk mencari makan atau menunggu wisatawan yang sering memberi makan kepada mereka.


Terakhir adalah kawasan Mancakrida. Pengunjung yang datang bisa mengikuti berbagai aktivitas outdoor yang menyenangkan. Ada permainan flying fox, panjat pohon serta permainan lainnya yang membutuhkan ketangkasan. Tak jauh dari lokasi utama juga terdapat labirin yang cocok untuk lokasi hunting foto.

8. Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura adalah atraksi keren lainnya. Air terjun yang tinggi dan megah ini menawarkan keindahan perbukitan hijau yang ditumbuhi lumut, udara lembab yang mengalir ke bawah dan ruang antar tebing.


Untuk menuju tempat wisata di Jawa Timur ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Dari areal parkir, pengunjung harus berjalan kaki beberapa ratus meter untuk sampai ke lokasi. Mereka harus melewati persawahan, jalanan berlumpur dan sungai hingga akhirnya sampai di air terjun yang akan menjadi keruh saat musim hujan tiba.


Selain pemandangan alamnya, hal yang paling menarik dari air terjun ini adalah ceritanya. Dahulu, air terjun ini konon pernah digunakan oleh peri dan Patih Gajah Mada yang sakti untuk bersemedi dan memperoleh moksa (pencerahan). Namun, pada akhirnya dia tersesat di sini dan tidak pernah ditemukan lagi. Berdasarkan cerita tersebut, di depan pintu masuk kawasan air terjun terdapat Patung Gajah Mada berukuran besar untuk menghormatinya.

9. Danau Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo merupakan sebuah danau air tawar yang kerap menjadi titik transit para pendaki Gunung Semeru. Danau ini berada di ketinggian 2.400 meter di atas permukaan laut. Ranu Kumbolo juga menjadi sumber air bersih bagi pendaki gunung Semeru. Dengan debit air yang melimpah, danau ini juga menjadi tempat berkumpulnya pendaki untuk berkemah.


Ranu Kumbolo terletak di dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, tepatnya di antara Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Perjalanan ke Ranu Kumbolo bukanlah perjalanan yang mudah untuk ditempuh, bahkan bisa dikategorikan sebagai perjalanan yang berat karena membutuhkan kekuatan fisik yang prima dan perbekalan yang cukup.


Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan wisatawan saat berkunjung ke danau ini, yaitu:


• Air di Danau Ranu Kumbolo sangat bersih dan jernih sehingga bisa langsung diminum.

• Di danau dilarang mandi, buang air besar dan berenang (dianggap suci).

• Pada malam hari udara di Danau Ranu Kumbolo bisa mencapai minus 5 derajat Celcius, oleh karena itu penting untuk membawa jaket khusus hiking dan alat pemanas badan lainnya.

• Wisatawan wajib membawa kantong plastik sendiri khusus untuk tempat sampah.

10. Pantai Pulau Merah

Pulau Merah terletak 60 km dari pusat kota menuju selatan Banyuwangi, tepat di sebelah pulau Bali yang indah. Anda bisa duduk santai, bersantai, dan menikmati suara deburan ombak yang lembut di pantai berpasir putih selama Anda menginap. Destinasi wisata yang sempurna, tempat yang ideal untuk berselancar dengan ombak setinggi 4 meter saat air pasang dan sejauh 3 km menjadikan Pulau Merah sebagai destinasi populer bagi para peselancar!


Itulah beberapa tempat wisata hits di Jawa Timur. Selamat Liburan!!!